Prodi Ilmu Falak UINSA Mengadakan Seminar Nasional Astronomi “Flat Earth Dalam Dimensi Global”

Berkaitan dengan acara Dies Natalis ke-4, Prodi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan seminar nasional astronomi dengan tema “Flat Earth dalam Dimensi Global”. Acara tersebut diadakan di gedung Sport Center UINSA pada hari Kamis, 2 Mei 2019.

Dalam acara seminar tersebut, ketua prodi Ilmu Falak, A. Mufti Khazin, M.HI. memberikan sambutan pembukaan yang dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Masruhan, M.Ag., sekaligus membuka acara seminar. Pembukaan seminar itu kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng yang menandai Dies Natalis ke-4 Prodi Ilmu Falak.

Seminar yang dipandu oleh Agus Solikin, S.Pd., MSI., menghadirkan dua narasumber yaitu Drs. Agus Purwanto, MSC., DSC., (Dosen Fisika ITS Surabaya) dan Drs. H. Nur Mufid, MA. (Dosen Bahasa dan Sastra Arab UINSA). Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya saja, tapi mahasiswa universitas di Surabaya dan club-club astronomi seperti Surabaya Astronomy Club (SAC). Sekitar 200 peserta memadati gedung Sport Center UINSA untuk menghadiri acara tersebut. Setelah pemaparan dari dua narasumber, agenda dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta. Acara tersebut berlangsung lancar dan sukses.

Seminar kemudian diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada narasumber dan moderator oleh Kaprodi, Sekprodi dan dosen ilmu falak. Kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba 4’th Annual Competition of Falak 2019 yang telah dilaksanakan pada Jum’at, 26 April 2019 di gedung SAC sebagai rangkaian Dies Natalis Prodi Ilmu Falak. Mahasiswa Prodi Ilmu Falak juga menggelar pameran alat-alat falak di depan gedung Sport Center UINSA untuk lebih memeriahkan acara tersebut. Berbagai alat-alat falak seperti bola bumi, simulator benda-benda langit, astrolabe, gawang lokasi, rubu’ mujayyab, teleskop, GPS, theodolit ditampilkan dalam pameran tersebut.